After Ramadhan, What's Going on?

Bismillahi Allahu Akbar - Tidak terasa, waktu begitu cepat berlalu, Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan dimana kita mengeluarkan perform terbaik kita untuk beribadah. Sementara itu, kita tidak pernah mengetahui, apakah Ramadhan tahun depan kita masih diizinkan untuk bertemu dengan bulan penuh rahmat ini?

Introspeksi diri menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan, melakukan muhasabah terhadap segala hal yang sudah kita lakukan di bulan Ramadhan yang kita jalani. Tentunya, agar Ramadhan tahun ini tidak berlalu begitu saja seperti Ramadhan-ramadhan yang telah lalu. Padahal selama puasa Ramadhan kemarin, kita melakukannya dengan ikhlas semata hanya mencari ridha-Nya, dan terbebas dari hal-hal yang membatalkan puasa. Inilah kesempatan yang tak ternilai harganya bagi umat Islam. Allah SWT memberikan ‘mekanisme’ penambahan pahala sekaligus pembersihan dosa.
Mereka yang dahulu malas-malasan dalam melaksanakan shalat lima waktu seharusnya menjadi sadar dan rutin mengerjakannya
Janji Allah, jika seorang yang beriman berpuasa dengan tulus ikhlas semata-mata
hanya untuk menjalankan perintah-Nya, maka Allah SWT berjanji akan mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu. Bisa jadi, Allah SWT sudah mengampuni dosa-dosa kita, tetapi kita mungkin belum terbebas dari dosa-dosa yang kita perbuat kepada manusia lain.

Dan, Allah SWT tidak memberi garansi akan memaafkan dosa itu kecuali kita sendiri mohon maaf kepada orang-orang yang terhadapnya kita telah berbuat dosa. Ketika keluar bulan Ramadhan seharusnya setiap manusia menjadi lebih baik dibanding dengan bulan sebelumnya. Hal itu karena dia sudah ditempa di madrasah Ramadhan untuk meninggalkan berbagai macam maksiat dan mudah melaksanakan kebajikan.

Mereka yang dahulu malas-malasan dalam melaksanakan shalat lima waktu seharusnya menjadi sadar dan rutin mengerjakannya di luar bulan Ramadhan. Semoga, selepas Ramadhan ini, insya Allah setiap kita terlahir lagi menjadi manusia baru yang fitri. Mari kita isi lembaran baru itu dengan amalan yang Allah ridhai.

والله أعلمُ بالـصـواب

referensi:http://goo.gl/yPgcI9

0 comments:

Post a Comment

 
Badan Dakwah Islam MAN 3 Malang © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions